Monday 13 May 2013

Pengertian ERD dan Elemen - elemennya

ERD adalah suatu model jaringan yang menggunakan susunan data yang disimpan dalam sistem secara abstrak. Jadi, jelaslah bahwa ERD ini berbeda dengan DFD yang merupakan suatu model jaringan fungsi yang akan dilaksanakan oleh sistem, sedangkan ERD merupakan model jaringan data yang menekankan pada struktur-struktur  dan relationship data.


Elemen-elemen Diagram hubungan entitas :

  a. Etity(Entitas)

   Pada E-R diagram digambarkan dengan bentuk persegi panjang. Entity adalah sesuatu apa saja yang ada didalam sistem, nyata maupun abstrak dimana data tersimpan atau dimana terdapat data. Entitas diberi nama dengan kata benda dan dapat dikelompokkan dalam empat jenis nama yaitu ; orang, benda, lokasi, kejadian (terdapat unsure waktu didalamnya).

  b. Relationship (Relasi)

    Pada E-R diagram digambarkan dengan sebuah bentuk belah ketupat. Relationship adalah hubungan alamiah yang terjadi antara entitas. Pada umumnya penghubung (Relationship) diberi nama dengan kata kerja dasar, sehingga memudahkan untuk melakukan pembacaan relasi (bias dengan kalimat aktif atau dengan kalimat pasif).

  c. Relationship Degree (Derajat relasi)

  Relationship Degree atau Derajat Relasi adalah jumlah entitas yang berpartisipasi dalam satu relationship.

 d. Atribut Value

    Atribut Value atau nilai attribute adalah suatu occurrence tertentu dari sebuah attribute didalam suatu entity  atau relationship.

Ada dua jenis Atribut :

  1) Identifier (key) digunakan untuk menentukan suatu entity  secara unik (primary key).

  2) Descriptor (nonkey attribute) digunakan untuk menspesifikasikan karakteristik dari suatu entity yang tidak unik.

 e. Cardinality (Kardinalitas)

    Kardinalitas relasi menunjukan jumlah maksimum tupel yang dapat berelasi dengan entitas pada entitas yang lain.
Terdapat 3 macam kardinalitas relasi yaitu :

  1) One to One

    Tingkat hubungan satu ke satu, dinyatakan dengan satu kejadian pada entitas pertama, hanya mempunyai satu hubungan dengan satu kejadian pada entitas yang kedua dan sebaliknya.

    Yang berarti setiap tupel pada entitas A berhubungan dengan paling banyak satu tupel pada entitas B, dan begitu pula sebaliknya. 

  2) One to Many atau Many to One 

   Tingkat hubungan satu ke banyak adalah sama dengan banyak ke satu. Tergantung dari mana hubungan tersebut dilihat. Untuk satu kejadian pada entitas pertama dapat mempunyai banyak hubungan dengan kejadian pada entitas yang kedua, dan sebaliknya.

   a) One to Many (satu ke banyak)

    Yang berarti satu tupel pada entitas A dapat berhubungan dengan banyak tupel pada entitas B, tetapi tidak sebaliknya.

   b) Many to One (banyak ke  satu)

    Yang berarti setiap tupel pada entitas A dapat berhubungan dengan paling banyak satu tupel pada entitas B, tetapi tidak sebaliknya.

3) Many to Many

  Tingkat hubungan kebanyakan terjadi jika tiap kejadian pada setiap entitas akan memepunyai banyak hubungan dengan kajadian pada entitas lainnya. Baik dilihat dari sisi entitas yang pertama, maupun dilihat dari sisi yang kedua.
Yang berarti setiap tupel pada entitas A dapat berhubungan dengan banyak tupel pada entitas B, dan demikian sebaliknya.
 
Sumber : 
  1. B.Al-Bahra Ladjamudin. Rekayasa Perangkat Lunak,cet-keII GRAHA ILMU, Yogyakarta, 2006,hal.170

Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian ERD dan Elemen - elemennya dan anda bisa menemukan artikel Pengertian ERD dan Elemen - elemennya ini dengan url http://konsulatlaros.blogspot.com/2013/05/pengertian-erd-dan-elemen-elemennya.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Pengertian ERD dan Elemen - elemennya ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Pengertian ERD dan Elemen - elemennya sumbernya.


Related Articel:

No comments: