Tuesday 16 October 2012

Penyakit kanker

Penyakit kanker, wah.. mendengar istilah ini rasanya kok menakutkan sekali. Jenis penyakit ini mungkin tidak asing lagi di telinga teman - teman sekalian. Penyakit kanker adalah suatu kondisi dimana sel telah kehilangan pengendalian dan mekanisme normalnya, sehingga mengalami pertumbuhan yang tidak normal, cepat, berkembang, berubah, menduplikasi diri dan tidak terkendali.
Biasanya nama penyakit kanker diberikan berdasarkan bagian tubuh dimana pertama kali kanker tersebut tumbuh. Misalnya kanker payudara, penggunaan nama kankerini merujuk pada pertumbuhan serta perkembangbiakan sel abnormalyang muncul pada jaringan payudara. Satu kelompok sel akan membelah diri secara cepat dan membentuk benjolan atau massa jaringan ekstra yang disebut tumor.
Tumor yang ddapat bersifat ganas ( cancerous ) atau jinak ( non cancerous ). Tumor yang bersifat ganas akan menyusup dan menghancurkan jaringan tubuh yang sehat.
Karakter kanker yang membedakan kanker dari tumor jinak adalah :

  1. tumbuh tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal).
  2. menyerang jaringan biologis di dekatnya.
  3. bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik, disebut metastasis.

Klasifikasi penyakit kanker
Pada umumnya, kanker dirujuk berdasarkan jenis organ atau sel tempat terjadinya. Sebagai contoh, kanker yang bermula pada usus besar dirujuk sebagai kanker usus besar, sedangkan kanker yang terjadi pada sel basal dari kulit dirujuk sebagai karsinoma sel basal. Klasifikasi kanker kemudian dilakukan pada kategori yang lebih umum, misalnya:
  1. Karsinoma, merupakan kanker yang terjadi pada jaringan epitel, seperti kulit atau jaringan yang menyelubungi organ tubuh, misalnya organ pada sistem pencernaan atau kelenjar. Contoh meliputi kanker kulit, karsinoma serviks, karsinoma anal, kanker esofageal, karsinoma hepatoselular, kanker laringeal, - hipernefroma, kanker lambung, kanker testiskular dan kanker tiroid.
  2. Sarkoma, merupakan kanker yang terjadi pada tulang seperti osteosarkoma, tulang rawan seperti kondrosarkoma, jaringan otot seperti rabdomiosarcoma, jaringan adiposa, pembuluh darah dan jaringan penghantar atau pendukung lainnya.
  3. Leukemia, merupakan kanker yang terjadi akibat tidak matangnya sel darah yang berkembang di dalam sumsum tulang dan memiliki kecenderungan untuk berakumulasi di dalam sirkulasi darah.
  4. Limfoma, merupakan kanker yang timbul dari nodus limfa dan jaringan dalam sistem kekebalan tubuh.

Pembentukan sel kanker
Kondisi-kondisi yang dapat menyebabkan perubahan sel normal menjadi sel kanker adalah hiperplasia, displasia, dan neoplasia. Hiperplasia adalah keadaan saat sel normal dalam jaringan bertumbuh dalam jumlah yang berlebihan. Displasia merupakan kondisi ketika sel berkembang tidak normal dan pada umumnya terlihat adanya perubahan pada nukleusnya. Pada tahapan ini ukuran nukleus bervariasi, aktivitas mitosis meningkat, dan tidak ada ciri khas sitoplasma yang berhubungan dengan diferensiasi sel pada jaringan. Neoplasia merupakan kondisi sel pada jaringan yang sudah berproliferasi secara tidak normal dan memiliki sifat invasif.

Faktor risiko penyakit kanker
Kanker adalah penyakit yang 90-95% kasusnya disebabkan faktor lingkungan dan 5-10% karena faktor genetik. Faktor lingkungan yang biasanya mengarahkan kepada kematian akibat kanker adalah tembakau (25-30%), diet dan obesitas (30-35 %), infeksi (15-20%), radiasi, stres, kurangnya aktivitas fisik, polutan lingkungan.

Penyebab kanker
  1. Bahan Kimia
  2. Radiasi Ionisasi
  3. Infeksi
  4. Ketidakseimbangan Metabolisme
  5. Ketidakseimbangan Hormonal
  6. Disfungsi Sistem Kekebalan
  7. Keturunan
  8. Letak kerusakan DNA yang dialami
Sumber : http://www.edyutomo.com

Anda sedang membaca artikel tentang Penyakit kanker dan anda bisa menemukan artikel Penyakit kanker ini dengan url http://konsulatlaros.blogspot.com/2012/10/penyakit-kanker-wah.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Penyakit kanker ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Penyakit kanker sumbernya.


Related Articel:

No comments: